[ REVIEW NOVEL ] “Someone Like You” by Kaka HY

20131226_115353

Judul : Someone Like You
Penulis : Kaka HY
Penerbit : Gagasmedia
Tebal : 371 halaman
Kategori : Fiksi

————————————————————————————————————————-

Tentang hati yang teriris tipis
Tentang dusta pada diri sendiri
Tentang cemburu yang terlalu

Tentang perasaan kehilangan seseorang…
yang mencintai orang lain

————————————————————————————————————————-

Bercerita tentang Mila yang memiliki kenangan masa lalu pahit yang membuatnya takut saat dijadikan pusat perhatian. Ingin rasanya ia lari dan sembunyi setiap kali orang-orang ingin melihat sejauh apa bakatnya, meskipun ia sering berbohong pada dirinya bahwa ia pun ingin berkembang.

Riki, seorang pemuda yang tinggal di sebelah kontrakan yang dihuni Mila dan ibunya, adalah pemuda yang selalu menarik di mata Mila kendati ia terlalu takut untuk memulai percakapan dengannya. Sementara Riki sendiri kerap merasa kesal karena selalu diperlakukan secara dingin oleh gadis itu, padahal pemuda itu sangat ingin sekali mengenal Mila lebih jauh. Ketika ibu Mila menolong Riki saat kehilangan kesadaran setelah dikeroyok massa, Riki mengetahui seluruh rahasia yang membuat Mila menutup dirinya. Membuat Riki bertekad untuk benar-benar menciptakan senyuman pada wajah Mila yang terlalu lama membeku.

Memiliki hobi yang sama, Riki dan Mila akhirnya bisa akrab meski awalnya Riki harus berusaha keras menarik minat gadis itu untuk bicara dengannya. Hari demi hari hubungan Riki dan Mila semakin dekat, Riki yang sangat melindungi dan menyokong Mila, banyak merubah pandangan hidup gadis itu. Mila perlahan-lahan menarik dirinya keluar dari cangkang yang ia ciptakan untuk bersembunyi.

Suatu hari Riki mengenalkan Mila pada Adit yang merupakan seorang pemilik toko musik, yang nantinya memberi Mila pekerjaan di sana saat gadis itu bertekad membantu ibunya yang seorang single parent. Namun sepertinya pertolongan yang diberikan Adit bukan murni karena Mila adalah teman Riki—orang yang meminta bantuannya untuk mempekerjakan Mila di toko musiknya.

Melihat gelagat Adit yang sepertinya menaruh hati pada Mila, membuat Riki sering uring-uringan. Sementara Mila yang sepertinya semakin menyukai Riki harus menerima kenyataan bahwa hati Riki sudah tertaut pada Sarah, teman lama pemuda itu. Bagaimanakah akhir kisah mereka berempat?

PENDAPAT PRIBADI :

Harus saya akui bahwa saya membeli buku ini karena tertarik dengan dua paragraf penggalan sinopsis yang sudah saya tulis di atas, dimana saya berpikir akan menemukan konflik hati yang rumit dan sarat nyesek. Namun setelah saya membaca bukunya, saya dibuat kecewa dengan dua bab awal yang terkesan memiliki alur lambat. Saya sering skip banyak adegan di bab-bab tersebut dan baru fokus di pertengahan bab ketiga. Pula, ada beberapa ketidaksinkronan kondisi dalam adegan, seperti adegan saat Mila tanpa sengaja menyaksikan Riki menyatakan perasaannya—untuk kesekian kali—pada Sarah.

Rasanya menyakitkan mengetahui orang yang beberapa hari lalu menciumnya dengan sangat lembut dengan segala pikiran indah, menjadi orang yang sama, yang menumbuhkan rasa sakit itu.( hal. 329 )

mengingat apa yang telah dilakukan cowok itu(A/N : Riki mencium Mila)pada malam mereka terjebak dalam hujan dan apa yang dikatakan cowok itu kepada Sarah keesokan malamnya. ( hal. 337 )

Seharusnya, jika Riki menyatakan perasaannya pada Sarah sehari setelah pemuda itu mencium Mila, pada halaman 329 bukan “beberapa hari lalu” kalimat yang tepat.

Kemudian pada halaman 224, penulis (Kaka HY) juga menyebutkan bahwa Riki-Sarah sudah kenal sejak SMA. Namun pada halaman 266, penulis membuat dialog Sarah yang berkata bahwa ia mengenal Riki sejak masuk kuliah.

Namun perkembangan hubungan Riki dan Mila (meski saya bilang alur novel ini cukup lambat) mengalir wajar. Mulai dari bagaimana Riki mencoba mendekatkan diri dengan Mila sampai memiliki perasaan khusus pada gadis itu. Juga saya suka chapter terakhir novel ini, meski sedikit aneh bagaimana Mila melupakan kemarahannya begitu mudah hanya karena rasa penasaran, tapi menurut saya penutupannya bagus.

2koma5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s