[ REVIEW NOVEL ] “SPASI” by Ello Aris

 spasi112

Judul : SPASI
Penulis : Ello Aris
Penerbit : Gagasmedia
Tebal : 196 halaman
Kategori : Fiksi

———————————————————————————-

Cinta itu membingungkan.

Aku tidak pernah mengira akan jatuh cinta
kepada sosok dingin seperti kamu.
Namun, semakin aku menyangkal,
rasa itu malah semakin kuat.
Dengan sikap manismu yang angin-anginan,
kamu mengomabng-ambing perasaanku seperti ombak.
Sementara, dia hadir di antara aku dan timbok tinggimu.

Akal sehatku tahu harus melangkah kemana.
Lalu, apa yang mesti kulakukan bila hati malah menunjuk ke arah sebaliknya?

———————————————————————————-

Denta harus meninggalkan sekolah lamanya di Banten karena ayahnya dipindahtugaskan ke Ambon yang baginya panas sekali itu. Namun dengan harapan bisa melupakan cinta pertamanya, Sarka, Denta pun mau diboyong ke kota tersebut.

 

Di sekolah barunya, Denta menjadi reporter untuk majalah sekolah karena hobi menulisnya. Kemudian pada suatu hari, ketua reporter—Johar Danu—ingin anggota kelompoknya bekerja secara berpasangan untuk mencari informasi di luar sekolah demi keperluan edisi majalah selanjutnya, dimana Denta dipasangkan dengan anggota paling kaku—Malabi. Denta yang diam-diam menyukai anak laki-laki itu antara senang dan tidak dipasangkan dengannya. Senang karena itu artinya dia bisa punya waktu untuk berdua dengan Malabi, tidak karena Denta sering diperlakukan dingin oleh pasangan reporternya itu.

Lalu sampai hari dimana mereka sedang mencari berita di World Peace Gong, Denta merasa heran karena diperlakukan baik oleh Malabi. Gadis itu menanyakan alasan di balik kebaikhatian Malabi hari itu, dan jawaban Malabi—di luar dugaan Denta—adalah karena anak laki-laki itu ingin menjadi kekasih Denta. Dan Denta tidak punya alasan untuk menolak.

Namun ternyata memiliki kekasih dengan sifat tak banyak bicara cukup merepotkan. Denta kerap bingung oleh sifat Malabi itu, ia banyak dibuat menebak-nebak apakah anak laki-laki itu benar-benar menyukainya atau tidak. Bahkan Denta sampai meminta agar mereka membuat jarak. Dalam masa-masa renggangnya dengan Malabi, Sarka tiba-tiba kembali datang—mengunjungi Denta ke Ambon—dan seorang pemain futsal bernama Taro muncul, mencoba untuk lebih dekat dengan Denta.

Bagaimanakah Denta menata perasaannya dan memutuskan siapa yang akan dipilih dari mereka bertiga?

.

.

.

Saya dapat buku ini setelah iseng mengikuti giveaway dari @novelspasi. Ada tandatangan penulis juga di dalamnya 🙂 hehehe terimakasih kepada Ello Aris dan Novel Spasi.

Awal saya melihat cover dan blurb novel, saya pikir ini serial young adult. Ternyata setelah membaca paragraph kedua halaman pertama, saya paham ini semacam teenlit 🙂

Klimaksnya sederhana sih, dimana Denta nggak kuat punya pasangan yang kayak es berjalan hahaha~ (I know how she feels) dan pingin semacam penegasan gimana hubungan mereka selama ini yang hambar-hambar aja, malah kerasanya nggak kayak lagi pacaran. Kemudian cinta pertamanya datang kembali, juga sesosok anak laki-laki lain yang perlahan membuat Denta nyaman.

Novel ini sudah bagus, akan tetapi saya rasa Malabi dan Denta dibuat pacaran terlalu mendadak. Apalagi justru Malabi yang menembak, bukannya Denta yang jelas-jelas menyukai anak laki-laki itu.Jika memang dimaksudkan demikian, ada baiknya di awal-awal cerita dituliskan beberapa interaksi di antara mereka yang membuat pembaca tahu bahwa Malabi pun memiliki perasaan pada Denta.

Ada banyak rekomendasi tempat wisata di dalam novel ini, meski tidak terlalu banyak disebutkan detilnya, tapi cukuplah sebagai wawasan informasi tujuan wisata kalau ada yang mau ke Ambon. Mumpung masih liburan juga 🙂

tiga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s