[ REVIEW NOVEL ] “UNFORGIVEN” by Eve Shi

unforgiven

Judul : Unforgiven
Penulis : Eve Shi
Penerbit : Gagasmedia
Tahun Terbit : 2014
Tebal : 261 halaman
Kategori : Novel Horor


Kaylin tak percaya ada hantu di rumah hijau
yang katanya angker. Tak ada yang perlu ditakuti
dari rumah tua dan kusam itu.

Tiba-tiba, suara jeritan mengerikan
dan suara lirih tangis tengah malam itu
terasa sangat nyata di telinga Kaylin.
Bau anyir darah tercium dari rumah itu.
Sang penghuni baru seakan-akan
membangkitkan hantu-hantu yang ada di sana.


SINOPSIS :

Setelah membicarakan perihal desas-desus angkernya rumah hijau dengan Rico saat mereka pulang sekolah pada suatu sore, Kaylin mendapati rumahnya mulai muncul hal-hal mistis yang tidak cukup dijelaskan dengan logika. Dimulai dengan jejak-jejak kaki telanjang yang kotor di lantainya, suara wanita tertawa bernada geram tanpa sosok dari ruang tamu, sampai dengan adiknya yang terluka karena “diganggu”.

Sama halnya dengan Kaylin, Rico pun mengalami “gangguan” serupa. Pada suatu malam ia merasa tangannya dipegang oleh telapak tangan “seseorang” saat hendak menyalakan lampu ruang tengah yang mendadak mati. Tidak berhenti sampai di situ, saat Rico sedang di dalam toilet sekolah, ia melihat keran air jamban satu per satu terbuka dan mengalirkan air dengan sendirinya. Yang paling parah saat ia melihat sendiri penampakan laki-laki berbaju putih dengan wajah babak belur di dalam kamarnya.

Berdua, Rico dan Kaylin berusaha mengungkap apa yang membuat mereka di”jahili” dalam waktu yang bersamaan setelah membicarakan tentang rumah hijau petang itu. Dengan insting Kaylin, mereka akhirnya mendatangi rumah hijau yang sudah ditempati oleh penghuni baru. Sayang informasi yang mereka dapatkan dari penghuni baru—yang ternyata adalah cucu dari pemilik rumah hujau itu sendiri—sangatlah minim. Sehingga Rico dan Kaylin akhirnya mengorek informasi dari kedua orangtua mereka sendiri.

Benang merah mulai terlihat saat Rico mendengar penuturan dari sang nenek bahwa kakek Rico, Kaylin, dan pendiri rumah hijau adalah teman akrab 40 tahun lalu. Dan “gangguan-gangguan” yang dialami keluarga Rico dan Kaylin pun ternyata ada hubungannya dengan masa lalu keluarga mereka..

 REVIEW :

Buku kedua Eve Shi yang saya punya. Maunya sih saya lengkapi sekalian dengan “Lost”, tapi lihat covernya “Lost” saya udah parno duluan hahaha~

Berbeda dengan buku “Aku Tahu Kamu Hantu” dimana tokoh utamanya memang punya kemampuan untuk melihat hantu, kali ini tokoh utamanya adalah orang-orang biasa yang jadi korban dendam dari hantu-hantu yang tewas dengan cara yang tidak seharusnya. Dari semua “gangguan” yang ditulis buku ini, saya dibikin merinding sama Rico yang diganggu di toilet. Saat keran-keran jamban mengalir satu per satu dengan sendirinya padahal nggak ada siapa-siapa selain Rico di dalam situ. Hiiiiy~~

Konflik ceritanya lebih menarik dan “gangguan”nya lebih seram dari ATKH. Meski masih ada banyak tokoh dalam buku ini, minimal tidak terlalu banyak orang yang terlibat langsung dengan masalah inti. Ending yang disuguhkan sama mengesankannya seperti ATKH, cliffhanger ending as usual 🙂 Hanya saja saya dibuat penasaran kenapa “gangguan”nya baru muncul saat Kaylin dan Rico sudah SMA. Kalau memang hantu-hantu itu menyimpan dendam yang berhubungan dengan keluarga mereka berdua, harusnya sudah sejak dulu “gangguan”nya ada kan? Kemudian entah kenapa saya merasa alur cerita buku ini sedikit buru-buru. Jadi meski misterinya sudah terkuak, saya masih merasa ada yang janggal—meski saya sendiri juga belum menemukan apa.

Kemudian sedikit curcol nih hehe~ di luar isi buku, menurut saya kualitas kertas dan lem dari penerbit tidak begitu bagus. Lem covernya langsung lepas saat saya baru buka bukunya untuk disampul. Selain itu ada satu lembar dari buku yang kontennya sama, sedikit bikin sebel karena pas banget itu adegan lagi seru.

3koma5

 

P.S : diikutsertakan dalam “Pos Bareng BBI” Agustus 2014 kategori #Buku2014

posting bareng BBI 2014

Advertisements

2 comments on “[ REVIEW NOVEL ] “UNFORGIVEN” by Eve Shi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s