[ REVIEW NOVEL ] “Sunshine Becomes You” by Ilana Tan

IMG_20150801_121157
Judul : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia
Tebal : 432 halaman
Genre : Roman – Young Adult – Sicklit


Alex Hirano, seorang pianis muda berbakat yang sebentar lagi akan mengadakan konser besar mendapatkan kecelakaan yang membuat pergelangan tangan kirinya terkilir dan harus dibebat sampai dua bulan. Seorang gadis penari bernama Mia Clark—yang merupakan kenalan adiknya, Ray—jatuh dari tangga dan menimpa tubuhnya. Akibat keadaan tangannya, Alex terpaksa harus membatalkan rangkaian konser yang sudah dijadwalkan sang manajer. Dan karena itu, Alex menganggap Mia sebagai Malaikat Kegelapan yang sebisa mungkin harus ia hindari.

Namun usaha Alex itu nampaknya tidak berjalan mulus, karena Mia justru datang padanya. Gadis itu menyampaikan permintaan maaf atas kondisi tangan Alex dan menawarkan dirinya sebagai “tangan kiri” Alex. Alex sempat menolak tawaran Mia, baginya gadis itu masih Malaikat Kegelapan yang harus dihindari—meskipun ia sudah menerima permintaan maafnya. Namun karena gadis itu bersikeras, akhirnya Alex menyetujui ide Mia untuk menjadi “tangan kiri” Alex. Dengan cara yang berbeda. Mia dijadikan semacam pesuruh yang harus mengurusi segala macam kebutuhan Alex di apartemen.

Karena tugas dari Alex inilah, Mia nyaris menghabiskan hari-harinya dengan berada di dekat laki-laki itu. Membuat keduanya—tanpa disadari—menjadi dekat dan tahu kebiasaan satu sama lain. Hal ini membuat Ray—yang juga menyukai Mia—sempat tidak suka karena Alex jauh lebih memahami Mia ketimbang dirinya yang lebih dulu mengenal gadis itu.

Awalnya Alex bersikukuh bahwa ia tidak menaruh ketertarikan pada Mia dan hanya membutuhkan gadis itu untuk membuatkannya kopi—yang bagi Alex adalah kopi terenak yang pernah ia minum. Namun lama kelamaan ia merasa seperti membohongi dirinya dengan alasan itu. Ia tahu yang ia rasakan itu berbeda dari sekedar “membutuhkan Mia untuk membuat kopi”. Namun tegakah ia merebut gadis yang sudah diincar adiknya? Dan entah mengapa rasanya semakin lama Mia juga semakin membuat hidup Alex tidak tenang.

“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.” ㅡ hal. 429

“Kau tidak bisa memaksakan diri mencintai seseorang, sama seperti kau tidak bisa memaksakan diri membenci orang yang kau cintai.” ㅡ hal. 431

.

.

.

Kalau saya boleh jujur, saya sebenarnya bukan penggemar tulisan Ilana Tan. Yah, saya pernah membaca “Autumn in Paris”, sih—dengan alasan yang pasti sudah bisa ditebak hehe. Dan jujur saya memang kurang bisa menikmati tulisannya yang terlihat sangat formal itu. Saya tidak bilang kalau tulisannya jelek, lho. Dan ini hanya pendapat—saya pribadi—mengenai gaya penulisan Ilana Tan, bukan kualitas ceritanya 🙂

Tidak jauh berbeda dengan “Autumn In Paris”, saya masih bisa merasakan gaya penulisan khas Ilana Tan yang formil di sini. Tapi entah bagaimana “Sunshine Becomes You” membuat saya lebih nyaman ketimbang saat membaca AIP dulu. Entah karena saya sudah punya pengalaman membaca karya Ilana Tan sebelumnya atau karena faktor lain.

Ceritanya masih sama kuat dengan AIP. Romansa dalam buku ini juga mengingatkan saya pada buku itu. Seorang gadis dengan prinsip hidup yang kuat dan seorang laki-laki dingin yang awalnya terlihat bertolak belakang namun lama kelamaan menjadi sejalan. Dan konflik antara keduanya pun meski sudah beberapa kali saya temui di beberapa judul, tapi Ilana Tan berhasil mengemas dengan caranya sendiri sehingga hasilnya terlihat berbeda. Nggak heran ya kalau banyak sekali yang suka 🙂 Dan IYA, saya juga suka. Terutama endingnya 😀

Kalaupun ada yang membuat saya sedikit kecewa—dan kalau saya boleh sedikit spoiler—mungkin tentang asal-usul Mia Clark. Tentang siapa orang tua kandungnya dan bagaimana ia bisa kehilangan keduanya. Saya pikir masalah ini juga akan terkuak meski sedikit, ternyata tidak sama sekali.

Oh, jangan tanya saya masalah movienya ya?! Saya nggak kenal sama ketiga pemain yang sudah lolos casting hahaha saya ketinggalan kalau masalah artis-artis gini mah 😀

4

Leave a Reply

