[ REVIEW NOVEL ] “In A Blue Moon” by Ilana Tan

IMG_20150922_093629Judul : In A Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia
Tebal : 318 halaman
Genre : Fiksi – Roman


Lucas Ford, koki handal restoran Ramses, menghadapi masalah yang cukup serius saat kakeknya memaksanya bertunangan dengan seorang gadis cucu dari temannya. Andai gadis ini adalah orang lain, ia akan baik-baik—dan menyetujuinya. Tapi gadis ini Sophie Wilson, teman SMAnya yang juga tidak menyukainya. Kecil kemungkinan bagi Lucas untuk bisa meluluhkan hati Sophie. Namun Lucas bertekad akan tetap berjuang mendekati gadis itu, karena—selain ia ingin berusaha membahagiakan kakeknya—ia ingin gadis itu melihatnya dengan kesan yang berbeda. Bahwa dia bukan lagi anak laki-laki bodoh seperti yang dulu Sophie kenal di SMA.

Sophie Wilson, pemilik toko kue kecil—namun terkenal—bernama “A Piece Of Cake”, kaget setengah mati saat kakeknya mengenalkannya pada laki-laki yang rencananya akan menjadi tunangannya. Andai laki-laki ini adalah orang lain, ia akan baik-baik saja—dan menyetujuinya. Tapi laki-laki ini Lucas Ford, teman SMAnya yang tidak pernah punya kesan yang bagus di matanya. Tidak, setelah laki-laki itu melakukan hal kejam padanya dulu. Ia tidak sudi memaafkan Lucas apapun yang terjadi. Namun apakah ia masih sekeras kepala itu jika laki-laki itu selalu memberinya kejutan dengan muncul dimana saja dan terus-terusan meminta maaf padanya?

.

.

.

“Seluruh keluarga besar berkumpul.”

“Kedengarannya menyenangkan.”

“Mm, tidak juga. Suasananya terlalu ramai, terlalu berisik, terlalu memusingkan.”

“Aku suka keluarga besar.”

“Menikahlah denganku dan kau akan mendapatkan semua itu.” ㅡ hal. 230

.

“Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempuna untukku.” ㅡ hal. 231

.

“Apakah ada kemungkinan kau akan menyukaiku dan ingin mengenalku lebih baik?”

“Ya, aku dengan senang hati ingin mengenalmu lebih baik.” ㅡ hal. 272

.

.

.

Alasan awal membaca buku ini adalah karena banyak yang bilang kalau buku ini berhubungan dengan “Sunshine Becomes You”. Dan ternyata hubungan yang dimaksud adalah “Ramses” dan “A Piece of Cake”. Dua tempat yang dikunjungi Alex dan Mia di SBY 😀

Saat melihat cover bukunya yang biru-biru melo, saya berpikir cerita di dalamnya akan mengandung unsur(?) angst—sama seperti SBY. Ternyata anggapan saya salah, karena buku ini merupakan jenis roman ceria yang bisa membuat saya tersenyum-senyum. Dan lagi, padahal saya bukan tipikal yang menyukai karakter romantis seperti Lucas, lho. Tapi dengan apik, Ilana Tan membuat karakter Lucas bisa mendapat tempat di hati saya. Andai penyampaiannya lebih luwes lagi pasti akan sempurna—since saya masih belum terbiasa dengan dialog-dialog berbahasa baku milik Ilana Tan 😀

Entah karena saya baru saja melahap beberapa buku yang cukup tebal atau bagaimana, tapi saya merasa ada beberapa part dalam cerita yang alurnya sedikit terlalu cepat. Porsi untuk pihak ketiga mendekati kedua tokoh utama juga kurang greget, jadi klimaksnya pun terasa kurang untuk saya. Saya mengharapkan ada beberapa konflik lagi yang bisa dimunculkan untuk merintangi(?) hubungan dua tokoh utama.

Tapi secara keseluruhan buku ini sudah bagus kok. Saya setuju kalau nantinya buku ini juga menyusul dua buku Ilana Tan yang lain untuk diangkat ke layar lebar 🙂

 

4

 

PS : Ngomong-ngomong saya masih belum menemukan alasan kenapa buku ini diberi judul “In A Blue Moon”. Karena Sophie suka minum Blue Moon kah? /garuk-garuk/

One comment on “[ REVIEW NOVEL ] “In A Blue Moon” by Ilana Tan

  1. wah..blog nya keren 😊 👍
    aku salah satu penggemar karya ilana tan dan ga sabar pgn liat buku 4 seasons di film-in, wlwpun ternyata film yg keluar duluan itu Sunshine becomes you..it’s ok

    btw, keren review-nya 😊
    keep review 😉

Leave a Reply

