[ REVIEW WEBTOON ] “Cat and Dog” by Park Hee Jung

Cat & Dog
Judul : Cat and Dog #1
Penulis : Park Hee Jung
Penerbit : HARU (HARU media)
Tebal : 195 halaman
Genre : Webtoon – ManhwaRomance
Harga Resmi : –


Joo YeongWoo, gadis yang sebentar lagi genap berusia 19 tahun, suatu pagi mendapatkan titah dari sang kakek untuk segera menikah. Meski di hadapan sang kakek, YeongWoo memperlihatkan reaksi terkejut bukan main, namun sesungguhnya di balik punggung pria sepuh itu, YeongWoo justru gembira mendengar hal ini. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggunya tiba juga. Akhirnya ia akan menikah, dengan laki-laki yang sejak kecil telah dijodohkan dengannya. Laki-laki yang merupakan seorang aktor muda bernama Mo SeulWoo. Akhirnya…

SeulWoo pertama kali bertemu YeongWoo saat mereka masih kecil. Seul Woo yang lebih tua beberapa tahun, tidak memiliki kesan yang bagus pada YeongWooㅡyang masih bayiㅡkala itu, karena YeongWoo buang air besar di hadapannya. Jadi saat ia mendapat telepon dari ibunya tentang pernikahan mereka, SeulWoo seketika syok dan jelas menolak mentah-mentah. Meski demikian, pada akhirnya ia tetap muncul di hari pernikahan dan membawa YeongWoo bersamanya.

Sayangnya hari pernikahan YeongWoo dan SeulWoo itu tidak berjalan mulus. Saat YeongWoo tertidur dalam mobil di perjalanan pulang, SeulWoo mendapat telepon dari manager seorang artis yang merupakan mantan pacarnya, HaYoon. Sang mantan rupanya sedikit berulah di sebuah klab, dan manager itu meminta SeulWoo untuk membantunya. SeulWoo ingin sekali menolak, namun ia tidak sanggup melalukannya. Maka pergilah SeulWoo ke klab tempat HaYoon berada dan menghentikan aksi gadis itu. Sementara itu, YeongWoo yang ditinggalkan sendirian di dalam mobil mendadak ‘diculik’ oleh seseorang yang mengaku kenalan SeulWoo. Seseorang yang mengenakan topeng kepala kuda!

.

.

.

CASTS

1. Joo YeongWoo
YeongWoo

Sejak tahu bahwa ia dan SeulWoo dijodohkan, YeongWoo mengumpulkan banyak foto dan poster laki-laki itu dan ditempel di dinding kamarnya. Ia senang sekali saat sang kakek akhirnya mengutusnya untuk segera menikah. Tapi ia tidak tahu bahwa menjadi istri SeulWoo tidak semudah dan seindah angan-angannya.

“Aku percaya pada cinta seperti dalam dongeng.
Tanpa disadari, cerita yang diceritakan berkali-kali kepada anak perempuan pun dimulai.”

2. Mo SeulWoo
SeulWoo

Laki-laki yang cuek dan dingin ini menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi seorang aktor. Namun kecakapannya dalam berperan diragukan oleh banyak orang. Bahkan menurut mereka, SeulWoo memiliki karir yang bersinar hanya karena ia selalu menempel pada HaYoon yang kini adalah mantan pacarnya.

“Mulai sekarang, kau akan sama-sama menderita bersamaku.
Berbeda dengan yang kau pikirkan, kan? …Mau bagaimana lagi, Tuan Putri.”

3. HaYoon
HaYoon

Artis cantik ini kerap putus-nyambung dengan SeulWoo. Karena kecantikannya, ia sering terlibat skandal berpacaran dengan laki-laki lain, itulah salah satu alasan SeulWoo pergi meninggalkannya. Ia terlihat sangat mengejar-ngejar SeulWoo. Berbagai cara ia lakukan agar laki-laki itu kembali padanya.

“Kenapa kau nggak peduli?
Kau nggak ingat betapa kita saling menyayangi…?”

4. Song JaeMin
JaeMin

Laki-laki yang merupakan seorang icon fashion dan sedikit narsis ini adalah sahabat SeulWoo. Ia yang menenangkan dan menemani YeongWoo yang bingung melihat SeulWoo pergi bersama HaYoon. Ia meminta pada YeongWoo untuk bersabar menghadapi sahabatnya yang sulit melupakan masa lalunya itu.

“Kalau YeongWoo nggak apa-apa…
Maukah memberi sedikit waktu untuk SeulWoo?”

.

.

.

A big surprise saat di tengah malam, HARU mengirimi saya sebuah email kerja sama untuk membuat early review buku cantik yang sebentar lagi akan terbit ini 🙂 Saya membaca (calon) buku ini kurang dari satu jam, tapi ternyata menuliskan reviewnya membutuhkan waktu lebih dari dua hari hahaha~ Meski membaca komik sudah jadi makanan sehari-hariㅡbahkan saya juga bergabung dengan tim translate komikㅡternyata saya belum terbiasa menulis review untuk buku selain novel. Tapi karena HARU sudah memberikan kepercayaan pada saya untuk mereview buku ini sebelum diterbitkan, saya akan berusaha menyajikan yang terbaik 🙂

“Cat and Dog” mengambil tema perjodohan yang diatur oleh para tetua yang masih sangat saklek dengan adat tradisional Korea. Mungkin untuk mereka penggemar serial-serial drama atau film Korea, tema semacam ini sudah tidak asing. Namun yang membuat buku ini berbeda, selain fokus utamanya yang ada pada perjodohan dan romansa antara para karakter, ada kehidupan pelik para selebriti dan manajemen yang sepertinya juga akan banyak dibahas. Mengkombinasikan keduanya, “Cat and Dog” memiliki ceritanya yang menarik untuk diikuti.

Dalam buku satu iniㅡK-toon ini dibuat berseri oleh HARUㅡada empat tokoh yang ditonjolkan yang sudah saya perkenalkan sedikit di atas. YeongWoo dengan karakternya yang imut dan polos, akan cepat mencuri hati para pembaca. SeulWoo yang digambarkan dingin, meski mungkin sempat bikin kesal, tapi para pembaca juga tidak akan melewatkan perhatiannya dari tokoh yang terkesan menyimpan banyak rahasia ini. Sementara HaYoon yang karakternya dibuat sedikit manja dan posesif, rasanya akan sedikit berpotensi membuat gemas pembaca nih 😀 Kalau saya sih menyukai JaeMin yang easy going. Karakternya mengingatkan saya pada Heechul – Super Junior hehe~ rambut pirang, doyan dengan hal-hal berbau fashion, dan narsis.

Cerita di buku satu ini masih fokus pada kehidupan awal pernikahan SeulWoo dan YeongWoo yang dibayang-bayangi kehadiran HaYoon. Untuk romansanya sendiri sebenarnya saya semacam bisa memprediksi seperti apa perkembangannya nanti. Membuat saya nggak sabar untuk baca buku-buku selanjutnya, untuk membuktikan apakah tebakan saya ini benar atau salah 🙂

Seperti temanya yang mengangkat perjodohan ala tradisi lama Korea, beberapa hal-hal yang berbau tradisional juga digambarkan dalam “Cat and Dog” ini. Misalnya saja YeongWoo, yang dibesarkan dalam lingkungan yang masih sangat menjunjung tinggi budaya Korea, kerap mengenakan hanbok dan rumah tempatnya tinggal dengan sang kakek pun adalah tipikal rumah tradisional Korea. Sebagai kontrasnya, SeulWoo yang bekerja sebagai artis, memiliki kehidupan yang jauh lebih modern. Style berbusana dan apartemen tempat tinggalnya mengikuti perkembangan jaman yang dipadu dengan sentuhan gaya Barat.

Kemudian untuk alih bahasanya. Saya belum pernah membaca webtoon HARU yang lainㅡbaru “Cat and Dog” dan “Blood Type”ㅡtapi saya cukup menyukai terjemahan dalam buku ini. Karena sasaran pembacanya adalah remaja dan dewasa-muda, saya setuju dengan penggunaan bahasa slang pada beberapa percakapan di dalam buku. Untuk yang lebih suka dengan terjemahan baku, jangan khawatir. Karena bahasa slang ini hanya digunakan untuk kata-kata tertentu saja, yang mungkin jika menggunakan bahasa baku kesannya malah akan jadi kaku.

Saya juga tidak menemukan banyak kekurangan dalam buku ini. Paling-paling hanya merasa sedikit ‘ngos-ngosan’ setelah menamatkannya, karena buku ini nyaris tanpa jeda. Komik-komik yang biasanya saya baca, dalam satu buku, cerita dipisah dalam beberapa babㅡbiasanya diselipi dengan ilustrasi-ilustrasi dari pengarang. Inilah yang saya maksud dengan jeda. Untuk saya, pemisahan bab-bab ini cukup penting, ibaratnya istirahat sebentar lah setelah diajak fokus selama beberapa lembarㅡbisa peregangan badan sambil ngulet-ngulet sedikit. Apalagi “Cat and Dog” ini full color, dengan minimnya jeda dalam buku rupanya membuat mata saya agak capek juga dicecar gambar-gambar dengan macam-macam warna dari awal sampai akhir. Tapi ini catatan dari saya pribadi sih, pembaca bermata minus yang banyak maunya juga 😀

Seperti yang sempat saya tulis sebelumnya, buku satu ini aman dikonsumsi untuk mereka mulai usia remaja. Dan untuk Teman-teman yang biasanya suka nggak sabar untuk baca kelanjutan cerita komik-komik berseri dan merasakan hal yang sama setelah baca buku pertama ini, tenang saja! Saya dapat bocoran sedikit nih kalau rencananya dalam satu bulan, HARU akan menerbitkan 1 sampai 2 buku “Cat and Dog”. Jadi teman-teman nggak akan dibuat menunggu terlalu lama 😀

Yang pasti buku ini recommended untuk Teman-teman yang suka dengan K-stuff. Apalagi yang demen sama kisah-kisah cinta segi-banyak(??) yang dibumbui angst dan nyesek-nyesek sedikit di sana-sini, lebih wajib lagi!! Jadi sebelum ceritanya dibuat drama oleh stasiun TV MBC di Korea sana, jangan sampai ketinggalan untuk baca bukunya dulu. K-toon terbaru penerbit HARU ini terbit mulai Februari 2016 lho, save the date! 😀

tiga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s