[ UPDATE BLOG ] HaSyWaRo Interview

10609534_755712414483193_8720760216027556664_n

Selamat hari Rabu~ Apa kabar semuanya? Semoga selalu sehat dan tetap semangat beraktivitas ya 🙂 Sebelumnya, terima kasih nih untuk Teman-teman yang bersedia meluangkan waktu berkunjung ke blog saya. Semoga nggak pernah bosan 😀

Setelah info tentang HARU AWARD kapan hari, kali ini saya datang lagi dengan updatean blog tentang event Penerbit HARU yang lain lho 🙂 Dan khusus kali ini, saya mendapatkan undangan untuk ikut berpartisipasi di dalamnyaㅡthanks alot to Fikriah Azhari yang telah merekomendasikan saya /ketjoep sajang :*/. Benar-benar kesempatan yang menyenangkan sekali 🙂

Namun sebelumnya, saya ingin mengajak teman-teman mengenal HaSyWaRo yang jadi judul postingan ini nihㅡterutama untuk Teman-teman yang masih belum kenal dekat dengan HARU.

Jadi, apa sih, Ken, HaSyWaRo itu?

Dikutip dari note fanpage milik Penerbit Haru, HaSyWaRo yang merupakan kependekan dari Haru Syndrome’s Waiting Room ini adalah ruang tunggu yang asyik dan seru bagi para pembaca setia Haru. Di sini, HARU mewadahi para pembaca setia (yang terjangkit HARU Syndrome) untuk kemudian akan diundang berbincang-bincang dengan kakak-kakak dari redaksi HARU GRUP. Jadi di sini, para pembaca HARU punya kesempatan untuk bisa kenal lebih dekat dengan kakak-kakak redaktur. Barangkali ada yang bisa digebet gitu hahahaha 😀 /digeplak pake bakiak/

HaSyWaro ini sudah terbentuk sekitar tahun 2013 silam dan sudah ada beberapa pembaca HARU yang beruntung untuk ikut berpartisipasi  🙂 Sementara untuk kali ini, selain saya, akan ada 3 teman blogger lagi yang profilnya akan muncul di event ini. Penasaran, siapa saja yang beruntung? Tunggu tanggal mainnya ya 😀

Seperti yang telah saya tulis di atas, sebagai partisipan HaSyWaRo, saya juga mendapat kesempatan yang sama untuk mewawancarai salah satu orang di balik suksesnya HARU GRUP sampai dengan hari ini. Mau tahu siapa?

/drumrollllssssss/
1A
say hello to HARU’s manager! 😀 /clapssss/

Sedikit informasi profil dari manager kece satu ini : Pria dengan golongan darah A yang akrab dipanggil Pak Man 🙂 Pemilik dan pemegang akun instagram @managerharu. Posisinya sebagai manager tentunya membuat pak Man ini tegas, teliti dan bahkan sedikit galakㅡtipikal golongan darah A juga mungkin ya 😀

Saat diijinkan untuk mewawancarai beliau, jujur saya langsung memutar otak untuk mencari pertanyaan yang sekiranya enggak ecek-ecekㅡkarena takut ditolak layaknya judul skripsi saya dulu. Tapi apalah daya, saya masih belum pinter memilih pertanyaan nih sepertinya /ugly sobbing/

Hehehe~ yosh! Langsung saja simak, yuk, sedikit wawancara saya dengan pak Man berikut ini 😀

 

Q1 : Mewakili teman-teman pembaca HARU GRUP yang barangkali masih belum tahu; seperti apa tepatnya tugas Pak Man sebagai seorang manager di penerbit HARU GRUP?

A1 : Mengawasi Tortor biar enggak typo, mengawasi Mimin juga biar nggak typo, dan mengawasi Si Bunga biar nggak usil. Udah, itu aja. Sibuk banget pokoknya. Tiap hari macam kapal pecah. #Eh

Pekerjaan saya ada beberapa macam, yang pertama adalah masalah redaksi. Saya mencari naskah, membaginya ke beberapa reviewer dan editor untuk diseleksi, juga mengatur pembagian penerjemah, dan editor untuk satu judul. Yang kedua adalah masalah promosi, berkaitan juga dengan tugas Mimin yang kalian suka, yaitu KUIS!

 

Q2 : Dari tugas-tugas yang diemban Pak Man, tugas manakah yang paling enjoy dikerjakan? Dan manakah yang terasa sulit dilakukan? Adakah alasannya?

A2 : Yang paling seru tentu saja mencari naskah. Kalau bisa setiap hari saya mau mencari naskah.

Yang paling terasa sulit adalah saat naskah memasuki tahap edit. Bisa-bisa saya dan editor membaca naskah tersebut sampai tiga atau empat kali, bahkan bisa lebih kalau diperlukan.

 

Q3 : Penerbit HARU sudah terkenal menerbitkan buku-buku dari Asia Timur (Indonesia, Mandarin, Korea, Jepang, dan Filipina), Penerbit SPRING dengan novel-novel dari Amerika. Untuk buku-buku Indonesia, setahu saya, HARU menggunakan proses seleksi naskah dan kompetisi menulis untuk menentukan buku mana yang akan diterbitkan. Lalu bagaimanakah dengan buku-buku dari negara-negara lain? Adakah pertimbangan khusus memilih judul-judul buku yang akan diterbitkan?

A3 : Tentu saja ada. Buku tersebut harus sesuai dengan pembaca Indonesia, dan pembaca remaja. Buku tersebut juga harus berkualitas, baik dari segi isi maupun gaya bahasanya, dan juga pesan-pesan moralnya juga harus terasa.

 

Q4 : Boleh diceritakan sedikit tentang proses panjang HARU GRUP dalam menerbitkan buku (terutama dari luar Indonesia) dari awal sampai akhirnya bisa terpajang cantik di toko-toko buku?

A4 : Yakin mau baca cerita panjangnya? Saya tidak mau kalau nantinya tidak terbaca.

Intinya, proses tersebut membutuhkan banyak E-mail, banyak interaksi, dan rasa saling percaya, antara Haru dan penulis luar negeri. Haru juga masih harus memilih penerjemah yang sesuai untuk naskah tersebut, juga mengawasi pekerjaan editor dalam memperbaiki kalimat agar sesuai dengan EYD. Belum selesai di situ, masih ada layout, hubungan dengan percetakan, juga dengan toko buku. Panjang deh, pokoknya. Saya yakin kalian tidak mau membacanya. Jadi ini saja cukup.

 

Q5 : Dari semua buku-buku yang sudah diterbitkan HARU, SPRING, dan INARI, buku manakah yang bagi Pak Man memiliki kesan khusus dalam penerbitannya? Boleh bagi-bagi ceritanya?

A5 : Semua memiliki kesan berarti bagi saya. Tidak ada yang tidak berkesan. Masing-masing judul punya ceritanya sendiri-sendiri, kerepotannya sendiri, juga kesenangannya sendiri-sendiri. Karena, Haru selalu memperhatikan setiap buku PER JUDUL!

 

Q6 : Kembali tentang HARU yang terkenal selalu berhasil mengalihbahasakan buku-buku Asia Timur. Apakah kira-kira ke depannya nanti ada rencana untuk lebih explore dan menerbitkan buku-buku dari seluruh Asia?

A6 : Tentu saja! Saya sendiri penasaran dengan cerita-cerita dari Asia yang lain!

Mau jalan-jalan bersama Haru lewat buku?

(Tentu saja mau dong, Pak Man! 😀 )

 

Q7 : Last but not least, Pak Man punya kesan/pesan/uneg-uneg untuk teman-teman pembaca HARU GRUP? Atau barangkali berbagi bocoran sedikit tentang buku-buku kece yang akan diterbitkan HARU, SPRING, atau bahkan INARI mendatang?

A7 : Jangan bosan-bosan dengan Haru ya. Kalau ada keluhan, atau kritik dan saran, silakan mention akun IG masing-masing personel Haru. Pasti akan dipertimbangkan (meskipun kadang tidak dijawab karena sibuk)

Untuk bocorannya… Sayang, Haru Grup sudah memakai N* Dr*p! Jadi sudah Antibochor!

Salam Buku!

 

Nah! Bagaimana? Sudah punya gambaran tentang pekerjaan dan pribadi pak Man kan? 🙂

Dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan di atas, saya bisa menangkap bahwa pak Man ini benar-benar memprioritaskan kesempurnaan pada setiap buku yang akan diterbitkan oleh HARU GRUPㅡyang tentu saja tujuannya untuk memuaskan kita, para pembaca setia HARU. Dan hasilnya pun benar-benar tidak mengecewakan. Pasti Teman-teman sudah banyak menjumpai kakak-kakak book blogger maupun pembaca lain tanpa segan memberikan nilai tinggi pada buku-buku terbitan HARU GRUP 🙂

Jawaban dari beliau yang berkesan untuk saya adalah jawaban dari pertanyaan nomor 5 tentang buku yang difavoritkan. Pak Man menjawab bahwa semua buku sangat berkesan untuk beliau, karena mereka punya ceritanya masing-masing selama proses penerbitannya. Terasa seperti seorang ayah yang menyayangi semua anaknya dengan sepenuh hati, tanpa membedakan dan terkecuali ya 🙂

Menyenangkan sekali bisa ngobrol dengan pak Man. Nggak nyesel deh saya memilih untuk bisa berbincang dengan beliau. And surprisingly, beliau bisa ngejoke juga lho 😀 Jadi ketagihan nih ingin bertanya lebih banyak karena jujur saja masih ada beberapa yang ingin saya kepoin hahaha~ semoga di lain waktu bisa kembali berbincang dengan Pak Man ya? 😀

1D

Sekali lagi terima kasih lho, Kiki, atas rekomendasinya. Juga kepada Kak Selsa yang mengijinkan saya untuk ikut dalam event ini. Dan tentunya juga pada pak Man yang bersedia meluangkan sedikit waktu di sela-sela padatnya kesibukan penerbitan untuk menjawab pertanyaan geje dari saya. Maaf sekali jika ada yang kurangㅡatau malah tidakㅡberkenan /bows/

Dan jangan lupa, Teman-teman. Masih ada 3 teman blogger lagi yang berkesempatan mewawancarai 3 Kakak redaktur HARU GRUP lho. Jadi pastikan kalian terus pantau medsos HARU untuk info lebih lanjut. Dan semoga untuk kali berikutnya, Teman-teman yang berkesempatan untuk ikut dalam event HaSyWaRo ini 🙂

Dan berikut adalah link tautan menuju interview Kakak-kakak redaktur HARU yang lain 🙂

Aya Aruki : Editor Haru
Shen Meileng : Desainer Haru
Rizcha : Admin Haru

Terakhir, selain di blog ini, wawancara saya dengan pak Man juga akan dipost di fanpage HARU. Warning saja nih untuk Teman-teman sekalian. Nantinya ada foto alien (baca : foto saya) yang akan terpajang, jadi siapkan mental untuk tidak muntah saat melihatnya. Sedia kantong plastik kalau dirasa perlu hahahaha~ 😀

Terima kasih sudah mampir. Thank you arigatou kamsa xie xie 😀

4 comments on “[ UPDATE BLOG ] HaSyWaRo Interview

  1. Berasa denger cerita, berasa nonton tipi. Kyaaaa!!! Jadi campur aduk juga nih.
    Pak Man kece banget. Kak Ken juga kece. Ah, gak tau harus ngomong apa. Jadi merasa lebih mengenal sosok Pak Man. Makasih banget lho kak Ken. ^^

  2. Wah nama saya disebut-sebut. Eh maksudnya tertulis di postingan ini ^^. Sama-sama ya Kak Ken 😉 Senang baca postingan ini, jadi bisa kenal Pak Man lebih dekat dan bisa tahu lebih dalam tentang proses menerbitkan buku di Haru. Nggak akan bosan deh buat baca buku terbitan Haru, tapi sering kali terhambat oleh masalah dana, maklum anak sekolahan #EH #Curcol

  3. Pingback: [Interview] Hasywaro (Haru Syndrome’s Waiting Room) – Editor Haru | Aruki

  4. Pingback: HaSyWaro – Interview with Admin – Blue World

Leave a Reply

